Stop Golput

April 5, 2009 at 01:12 (Indo View) ()

=======================================================================

“Memilih partai yg salah, BISA JADI TIDAK AKAN merubah nasib bangsa ini
Tapi, dengan golput, JELAS TIDAK AKAN merubah nasib bangsa ini”

Bbrp hari ini cukup melelahkan perjuangan untuk mendapatkan hak sebagai DPT bagi perantauan seperti penulis, cukup sulit dikarenakan proses administrasi yg rada mbulet (masih lebih gampang ngurus SPT), dan juga lebih sulit lagi karena bbrp org mengurangi semangat penulis dengan mengajak golput.

Tapi, akankah golput merubah bangsa ini? Sayangnya tidak, walaupun semisal pemilih golput ada sekian % dari total pemilik suara pun, tidak akan ada perubahan yg dihasilkan. Partai2 akan tetap ada, legislatif akan tetap ada, presiden pun akan tetap ada.

Sistem pemerintahan di negara kita, tidak memiliki suatu konstitusi yg menyatakan jika golput mencapai sekian % dari total suara, maka pemilu akan diulang kembali, dengan partai2 yang baru, atau mungkin juga pemerintah yg lama akan diturunkan secara paksa. Tidak ada konstitusi seperti itu.

Yang ada adalah, berapapun suara pemilih, maka yg dipilih itulah yg berkuasa, yg notabene akan melakukan perubahan, bisa perubahan ke lebih baik, ataupun lebih buruk.

Di negara kita pun, tidak ada istilah partai oposisi, dimana suara2 golput itu, akan diarahkan ke partai oposisi ini, yg semestinya kemudian bertindak independen, mengkritisi pemerintah atas kebijakan2nya.

Jadi, hasil atau perubahan apa yg golput bisa berikan?

Semoga wacana ini kembali menggelitik anda, atas pilihan golput anda.

Tapi jika tidak, saran penulis adalah, kalaupun anda tetap memilih golput atas wacana2 lain anda, tetaplah datang ke TPS, masuk ke bilik suara, dan buatlah pilihan anda menjadi tidak sah (contreng semua partai, gambar cewe favorit anda di kertas suara, dll). Hal ini harus anda lakukan, agar suara anda, hak pilih anda, tidak diperjualbelikan oleh oknum2 tertentu ke partai2 lain. Diperjualbelikan, dan dicontrengkan ke partai tersebut.

Jangan sampai, tujuan anda golput, tapi karena anda tidak ke TPS, suara anda dimasukkan ke partai yg anda tidak suka sama sekali.

Mengakhiri tulisan ini, penulis sampaikan syair lagu berikut. “Pemilihan umum telah memanggil kita”

Kita, bukan hanya saya 🙂

=======================================================================

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: